Pegagan, Tak Hanya Meningkatkan Daya Ingat

Tak hanya Ginko biloba yang terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Di Indonesia, ada tanaman sejenis yang berkhasiat sama, bahkan punya manfaat yang lebih banyak dibanding Ginko biloba. Tanaman tersebut adalah Pegagan (Centella asiatica L) atau sering disebut Antanan.

Pegagan banyak tumbuh di tempat yang basah, rawa-rawa, atau di sepanjang tepi sungai. Biasanya ditemukan terutama di daerah dataran tinggi dan berbagai tempat seperti sawah, perkebunan teh, dan sebagainya.

DESKRIPSI DAN KANDUNGAN KIMIA

Pegagan termasuk tanaman tahunan daerah tropis yang berbunga sepanjang tahun. Bentuk daunnya bulat, batangnya lunak dan beruas, serta menjalar hingga bisa mencapai 1 m tingginya. Pada tiap ruas akan tumbuh akar dan daun dengan tangkai daun panjang dan akar berwarna putih. Dengan berkembang biak secara vegetatif seperti itu, tanaman ini cepat beranak-pinak. Jika keadaan tanahnya bagus, tiap ruas yang menyentuh tanah akan tumbuh menjadi tanaman baru.

Pegagan banyak mengandung bahan aktif seperti asam bebas, mineral, vitamin B dan C. Sedangkan bahan utama yang dikandungnya adalah steroid yaitu triterpenoid glikosida. Triterpenoid mempunyai aktivitas penyembuhan luka yang luar biasa. Beberapa bahan aktif akan meningkatkan fungsi mental melalui efek penenang, antistres, dan anticemas.


Komentar