Cara Memeriksa Antara Oli Yamalube Asli Dengan Oli Yamalube Palsu

Oli merupakan salah satu komponen bagi sebuah kendaraan, baik itu mobil maupun motor. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk melindungi bagian dalam motor dari gesekan yang menimbulkan aus pada mesin.

Sebaiknya oli diganti secara berkala sesuai dengan prosedur dari produsen kendaraan, biasanya oli diganti berdasarkan jarak tempuh kendaraan tersebut, rata-rata 2.000 km untuk sepeda motor dan 5.000 km untuk mobil. Namun medan jalan yang ditempuh juga mempengaruhi pergantian berkala oli kendaraan.

Sepeda motor merupakan kendaraan favorit masyarakat Indonesia, selain harganya yang terjangkau, sepeda motor juga menjadi kendaraan mumpuni untuk menghindari kemacetan terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.

Salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, Yamaha Motor Indonesia, berusaha memberikan produk-produk berkualitas untuk menjadi yang terdepan sepeda motor di Indonesia. Selain mengeluarkan produk-produk sepeda motor yang berkualitas, Yamaha juga berusaha memberikan komponen berkualitas untuk menunjang performa sepeda motornya. Salah satunya adalah oli dengan merek Yamalube.

Namun sayang, di pihak produsen berusaha memberikan yang terbaik bagi konsumennya, di pihak lainnya ada saja oknum yang berusaha mengeruk keuntungan dengan cara membuat produk oli palsu.

Banyak kerugian yang diderita oleh konsumen jika menggunakan oli palsu yang berbahan dari oli bekas ini, diantaranya :
  • Oli palsu membuat mesin tidak awet karena oli palsu tidak tahan panas
  • Oli palsu cepat menguap dikarenakan tidak tahan panas
  • Oli palsu membuat bunyi mesin ngelitik dikarenakan oli yang kotor

otomercon.wordpress.com
Untuk membedakan oli yang Anda beli palsu atau bukan ada beberapa cara, yaitu :

  1. Perhatikan warna oli palsu biasanya agak bening dan agak encer daripada oli asli
  2. Oli asli biasanya memiliki aroma yang khas, sedangkan oli palsu memiliki bau bekas pembakaran / sangit
Namun cara memeriksa oli tersebut di atas memiliki sedikit kelemahan yaitu kita harus terlebih dahulu membeli oli tersebut.

Nah, khusus oli Yamalube asli memiliki cara mudah untuk memeriksa keaslian tanpa harus membeli oli tersebut terlebih dahulu, cukup memeriksa tampilan luar botol oli Yamalube yaitu :

1. Lihat tekstur label botol, oli Yamalube bertekstur seperti kulit jeruk
2. Tekan bagian tepi botol oli Yamalube yang ada coakannya ( liat foto di samping ibu jari )

dokumen pribadi
3. Kelupas label yang ada coakannya tersebut, oli Yamalube asli lebih mudah mengelupas sedangkan oli Yamalube palsu tidak akan mengelupas / lengket dengan botol

dokumen pribadi
 Semoga bermanfaat

Komentar

Unknown mengatakan…
Kalau Yamalube untuk 4Tk sama juga kh gan untuk membedakannya...
Unknown mengatakan…
warna isi yamalube sport yang asli biru apa kuning.soalnya kalou beli kadang isinya biru ada jg yg kuning