Piala AFF Suzuki 2010 : Indonesia Sempurna

Tim nasional Indonesia meraih nilai sempurna dengan nilai 9 dari 3  pertandingan Piala AFF Suzuki 2010 grup A, setelah menang secara dramatis atas tim nasional Thailand dengan skor 2-1.

Walau sudah dipastikan lolos ke babak semifinal ( hasil kemenangan 5-1 melawan Malaysia dan 6-0 saat berhadapan dengan Laos ), Indonesia tidak mau kehilangan pamor di depan pendukungnya dan memperbaiki rekor pertemuan dengan Thailand yang selama satu dekade terakhir menjadi " macan " sepakbola Asia Tenggara.

Tampil tanpa sang kapten Firman Utina, Hamka Hamzah dan Ahmad Bustomi sebagai starter, Indonesia terlihat kewalahan menahan gempuran tim " Gajah Putih " yang memang dituntut untuk menang agar bisa lolos ke babak semifinal dan mengamankan posisi pelatih Bryan Robson sebagai pelatih tim nasional Thailand yang berada di ujung tanduk karena tim yang diasuhnya hanya mampu bermain imbang melawan Laos dan Malaysia.

Timnas Thailand terus menggempur pertahanan Indonesia yang dikomando oleh Maman Abdurrahman, namun tetap tidak mampu membuat skor. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Babak kedua Indonesia mencoba meladeni gempuran Thailand dengan memasukkan Bambang Pamungkas menggantikan Irfan Haarys Bachdim yang bermain kurang maksimal pada menit ke-59. Ada kejadian menarik dimana Maman Abdurrahman menyerahkan ban kapten untuk dikenakan BP, panggilan akrab untuk Bambang Pamungkas padahal posisi Maman Abdurrahman masih bermain belum digantikan oleh siapapun.

Thailand tetap melancarkan serangan, hasilnya pada menit ke-68, Suree Sukha berhasil menjebol gawang Indonesia yang dijaga Markus Haris Maulana setelah menerima umpan matang sodoran dada penyerang Thailand, Kirait, dengan tendangan volley yang menghunjam deras ke pojok kanan gawang.

Seperti tersengat lebah, akhirnya pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl memasukkan Arif Suyono  pada menit ke-69 menggantikan Oktovianus Maniani yang bermain individual pada laga tersebut. Hasilnya, Indonesia mulai terlihat menunjukkan pola permainan melalui kedua sayapnya.

Indonesia mampu mencetak gol balasan pada menit ke-79 melalui sang " kapten baru  ", Bambang Pamungkas, melalui titik penalti setelah sebelumnya Cristian " El Loco " Gonzales dilanggar Panupong Wongsa di dalam kotak penalti menyambut umpan akurat Eka Ramdani yang membentur tiang sebelah kanan gawang Thailand.

Thailand semakin ketar-ketir karena dilaga lainnya Malaysia mampu mencetak gol 5-1 melawan Laos, sebaliknya Indonesia semakin menaikkan tempo permainan. Terbukti pada menit ke-87 Indonesia kembali mendapatkan penalti, setelah Panupong Wongsa mendapatkan kartu kuning kedua yang membuat dia diusir keluar lapangan karena melakukan handsball menahan tendangan Arif Suyono di kotak 16 meter.

Bambang Pamungkas kembali sukses menjadi algojo penalti yang membuat skor berubah 2-1 untuk kemenangan tim nasional Indonesia. Pertambahan waktu  selama 4 menit tidak mampu membuat Thailand untuk membalikkan keadaan untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF Suzuki 2010.

Tim nasional Indonesia akhirnya memberikan euforia bagi para pendukung " Merah Putih " sekaligus phobia bagi lawan-lawannya di Piala AFF Suzuki 2010.

Komentar