Ferrari Listrik Berbau Klenik, Dahlan Iskan Syirik?

TEMPO/Eko Siswono Toyudho
Mobil listrik 'ferrari' Tucuxi milik Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengalami kecelakaan pada hari Sabtu 5 Januari 2012 sekitar 15.25 WIB di Plaosan, Magetan. Mobil listrik yang dikemudikan langsung oleh Dahlan Iskan bersama salah seorang penemu mobil listrik mengalami rem blong menabrak tebing.



ANTARA/HO/M RISYAL HIDAYAT
Sebelum mengalami kecelakaan, mobil listrik 'ferrari' Tucuxi menjalani upacara ruwatan yang dilakukan dalang kondang, Ki Manteb Sudarsono. Acara Murwat Kolo dilakukan agar mobil Tucuxi terhindar dari segala bahaya, bala dan fitnah. Upacara Murwat Kolo ini dilaksanakan tepat pada pukul 13.11 WIB, karena menurut hitungan Tahun Soko, jam tersebut adalah waktu yang sangat tepat untuk melaksanakan upacara tersebut.

ANTARA/Andika Betha
Setelah dibacakan mantra, selanjutnya mobil listrik 'ferrari' Tucuxi disiram dengan air yang diambil dari 4 arah penjuru, "Ini bukan ruwatan tapi tolak bala. Karena kalau ruwatan itu untuk manusia. Sedangkan untuk barang itu dido'akan agar terhindar dari bala atau musibah," ujar Ki Manteb Sudarsono.

Sedangkan Dahlan Iskan menegaskan do'a tolak bala itu diadakan selain untuk menghindari musibah dan bencana, juga untuk menghindarkan dari fitnah.

Syirik?

Komentar