Tsunami hantam Hawaii setelah gempa 7.7 magnitude mengguncang pantai barat Kanada

CNN melaporkan bahwa tsunami telah melanda kepulauan Hawaii setelah meluncur selama berjam-jam melintasi Samudera Pasifik yang disebabkan oleh gempa bumi di Kanada.

Ketinggian gelombang mencapai 3 sampai 7 kaki yang menyebabkan kerusakan di sepanjang garis pantai dan pulau-pulau di Hawaii, seperti yang diumumkan oleh the Pasific Tsunami Warning Center.

Gelombang tsunami pertama yang menghantam Honolulu tampaknya tidak begitu kuat seperti biasa, namun para ilmuwan menyatakan tak akan terkecoh oleh gelombang awal yang seringkali bukan gelombang yang terbesar.

Departemen pertahanan sipil Hawaii melaporkan bahwa di pelabuhan Wailoa, di Pulau Besar, terjadi serangkaian gelombang setinggi 4 kaki setiap 6 menit, bahkan gelombang setinggi 3 kaki mampu menyeret material dari pesisir pantai.

Walaupun demikian, tsunami di Hawaii ini diperkirakan tidak akan sebesar dan seganas tsunami yang menewaskan ribuan orang di Jepang pada bulan Maret 2011 lalu.

Berdasarkan tayangan televisi setempat, terlihat antrian kendaraan di jalanan menjauhi pantai menuju daratan menghindari dampak terburuk dari bencana ini. Sekitar 80.000 orang tinggal di zona evakuasi di pulau Oahu, pulau dimana Honolulu berada.

suasana jalan Ala Wai, Honolulu, sebelum diterpa gelombang awal tsunami - courtesy of Yenlinh Tran

Komentar