Pierre Morad Omidyar : Pendiri Ebay

wikipedia
Ebay mungkin tidak akan pernah ada jika Pierre Morad Omidyar, pendirinya, tidak pernah berkencan dengan kekasihnya pada 1995. Kekasih Omidyar saat itu adalah seorang kolektor Aid Pez, merek dispenser permen, yang sedang berkeluh kesah tentang sedikitnya kolektor dispenser permen tersebut yang bisa ditemui di daerah tempat tinggalnya. Dari sini, Omidyar menemukan ide untuk membantu kekasihnya mencari kolektor lain melalui internet.

Omidyar membuat sebuah halaman di situs pribadinya yang memberikan kesempatan bagi siapa pun untuk melelang barang. Inilah cikal bakal Ebay. Omidyar mulai mengambil komisi hanya dengan menyediakan tempat bagi penjual dan pembeli untuk bertemu dan melakukan lelang.

Saat itu, Omidyar masih bekerja pada cabang perusahaan Apple, ketika melihat perkembangan situs lelangnya yang luar biasa, pria keturunan Iran dan Prancis ini langsung keluar dari pekerjaannya. Ebay terus berkembang dan terus melebarkan sayap ke Benua Eropa, Asia, dan Australia.


Setelah keberhasilannya, bos Ebay yang namanya tercatat sebagai pria terkaya ke-145 di dunia per Maret 2011 versi Forbes ini juga terkenal sebagai filantropis. Pada 2004, ia membangun Omidyar Network bersama istrinya, Pam, untuk menciptakan kesempatan kerja bagi masyarakat luas. Badan yang bergerak di bidang sosial itu hadir berkat keyakinan Omidyar pada satu hal : semua orang memiliki kemampuan untuk berkembang, tapi kadang tidak memiliki kesempatan.

Komentar