Mengapa lapisan ozon bisa menipis ?

Ozon adalah salah satu molekul yang ada di atmosfir Bumi. Pada lapisan ozon, sinar ultraviolet dari Matahari dapat menguraikan gas oksigen (O2) menjadi dua buah atom oksigen (O). Atom oksigen tersebut akan bereaksi dengan gas oksigen membentuk gas ozon (O3).

Ozon berfungsi untuk menahan sinar ultraviolet agar tidak sampai ke permukaan Bumi. Molekul ozon akan menyerap sinar ultraviolet Matahari dan akan terurai kembali menjadi gas oksigen dan atom oksigen. Proses pembentukan dan penguraian ozon tersebut berlangsung seimbang dan menyerap sebagian besar sinar ultraviolet Matahari.

Salah satu penyebab penipisan lapisan ozon pada atmosfer Bumi adalah CFC (Chlorofluorocarbon) atau biasa disebut freon yang banyak digunakan sebagai pendingin, hairspray dan pembuatan busa. Freon jika terkena sinar ultraviolet akan melepaskan atom Klor (Cl). Atom Cl pada lapisan ozon akan membatu penguraian molekul ozon (O3) menjadi gas oksigen (O2) sehingga proses penguraian ozon menjadi lebih cepat daripada pembentukannya.

Komentar