Langsung ke konten utama

Mengapa Matahari terlihat lebih besar ketika terbit atau tenggelam ?

Matahari terlihat lebih besar ketika saat berada di cakrawala ( saat terbit atau terbenam ) dibandingkan ketika siang hari di atas kepala kita, merupakan sebuah ilusi optik.


Otak manusia akan berpikir bahwa Matahari yang berada di cakrawala harus berada lebih jauh ketika Matahari berada di atas kepala kita. Karena Matahari sebenarnya memiliki penampakan dan ukuran yang sama di setiap posisi, otak menyimpulkan bahwa Matahari secara fisik lebih besar ketika di cakrawala dibandingkan ketika di atas kepala kita.

Fenomena ilusi optik ini dikenal dengan Ilusi Ponzo. Fenomena ini juga terlihat pada Bulan, yang terlihat lebih besar ketika berada di cakrawala dibandingkan dengan ketika di atas kepala kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memeriksa Antara Oli Yamalube Asli Dengan Oli Yamalube Palsu

Oli merupakan salah satu komponen bagi sebuah kendaraan, baik itu mobil maupun motor. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk melindungi bagian dalam motor dari gesekan yang menimbulkan aus pada mesin.
Sebaiknya oli diganti secara berkala sesuai dengan prosedur dari produsen kendaraan, biasanya oli diganti berdasarkan jarak tempuh kendaraan tersebut, rata-rata 2.000 km untuk sepeda motor dan 5.000 km untuk mobil. Namun medan jalan yang ditempuh juga mempengaruhi pergantian berkala oli kendaraan.
Sepeda motor merupakan kendaraan favorit masyarakat Indonesia, selain harganya yang terjangkau, sepeda motor juga menjadi kendaraan mumpuni untuk menghindari kemacetan terutama bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar.
Salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, Yamaha Motor Indonesia, berusaha memberikan produk-produk berkualitas untuk menjadi yang terdepan sepeda motor di Indonesia. Selain mengeluarkan produk-produk sepeda motor yang berkualitas, Yamaha juga berusaha memberik…

Apa yang dimaksud dengan gerak semu tahunan Matahari ?

Bumi membutuhkan waktu selama 1 tahun untuk bergerak mengelilingi Matahari ( revolusi ). Bumi, selain bergerak mengelilingi Matahari, juga bergerak berputar terhadap sumbunya ( rotasi ). Tetapi sumbu rotasi Bumi ini tidak sejajar terhadap sumbu revolusi, melainkan sedikit miring sebesar 23,5 derajat.
Akibat dari miringnya sumbu rotasi Bumi itu, Matahari tidak selalu terlihat di atas khatulistiwa Bumi, Matahari akan terlihat berada di bagian utara dan selatan Bumi. Selama setengah tahun, Matahari lebih banyak menerangi Bumi bagian utara, dan setengah tahun berikutnya Matahari lebih banyak menerangi Bumi bagian selatan.
Fenomena ini akan berulang dalam satu kali revolusi Bumi yaitu selama 1 tahun. Jika dilihat oleh manusia di Bumi, Matahari seolah bergerak dari utara ke selatan dan sebaliknya. Hal inilah yang dimaksud dengan gerak semu tahunan Matahari.

Tambahan 28 Oktober 2012, Sumber : Klik link
Yahoo! Answers - Bagaimana hubungan gerak semu tahunan matahari dengan cuaca sekarang yang …

Pierre Morad Omidyar : Pendiri Ebay

Ebay mungkin tidak akan pernah ada jika Pierre Morad Omidyar, pendirinya, tidak pernah berkencan dengan kekasihnya pada 1995. Kekasih Omidyar saat itu adalah seorang kolektor Aid Pez, merek dispenser permen, yang sedang berkeluh kesah tentang sedikitnya kolektor dispenser permen tersebut yang bisa ditemui di daerah tempat tinggalnya. Dari sini, Omidyar menemukan ide untuk membantu kekasihnya mencari kolektor lain melalui internet.
Omidyar membuat sebuah halaman di situs pribadinya yang memberikan kesempatan bagi siapa pun untuk melelang barang. Inilah cikal bakal Ebay. Omidyar mulai mengambil komisi hanya dengan menyediakan tempat bagi penjual dan pembeli untuk bertemu dan melakukan lelang.
Saat itu, Omidyar masih bekerja pada cabang perusahaan Apple, ketika melihat perkembangan situs lelangnya yang luar biasa, pria keturunan Iran dan Prancis ini langsung keluar dari pekerjaannya. Ebay terus berkembang dan terus melebarkan sayap ke Benua Eropa, Asia, dan Australia.


Setelah keberhasilann…