Derby Melayu, Indonesia Bantai Malaysia 5-1

Dalam ajang kualifikasi Piala AFF Suzuki 2010 Grup A, tim nasional Indonesia membantai tim nasional Malaysia dengan skor cukup telak, yaitu 5 -1.

Tim nasional Indonesia sempat dikejutkan dengan terciptanya gol oleh timnas Malaysia pada babak pertama yang dicetak oleh Norshahrul Idlan, namun beberapa saat kemudian Indonesia mampu menyamakan kedudukan akibat gol bunuh diri pemain Malaysia, Mohamad Asrarudin, yang salah mengantisipasi umpan silang M. Nasuha dan kecerdikan Irfan Bachdim, pemain naturalisasi Indonesia berdarah Belanda.

Cristian Gonzales, pemain naturalisasi lainnya asal Uruguay, menambah keunggulan timnas Indonesia melalui tendangan pelan namun terarah ke sudut kanan gawang timnas Malaysia. Babak pertama dimenangkan timnas Indonesia dengan skor 2-1.

aksi Cristian Gonzales sebelum mencetak gol, image from affsuzukicup.com
Pada babak kedua timnas Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 3-1, M. Ridwan mencetak gol ke gawang Mohamad Sharbinee setelah bekerjasama satu-dua dengan Ahmad Bustomi.

Pada menit ke-76, gol keempat timnas Indonesia lahir melalui kaki Arief Suyono setelah pemain belakang timnas Malaysia gagal mengantisipasi umpan lambung dari sisi kiri pertahanan timnas Indonesia.

Pada menit-menit akhir pertandingan, Irfan Bachdim melengkapi penderitaan timnas Malaysia dalam Derby Melayu ini, setelah dia mencetak gol melalui sambaran kakinya setelah Okto Maniani memberikan umpan silang dari sisi kiri yang gagal dihalau oleh penjaga gawang timnas Malaysia, Sharbinee.

Indonesia memuncaki klasemen sementara Grup A Piala AFF Suzuki 2010, karena musuh terkuat lainnya  yaitu Thailand, ditahan imbang oleh Laos dengan skor 2-2.

Komentar

Anonim mengatakan…
garuda di dadaku, PERSIB Maung Bandung jiwa ragaku... =)