GANEFO event tandingan Olimpiade buatan Soekarno

GANEFO atau Games of New Emerging Forced adalah ajang olahraga tandingan Olimpiade ciptaan mantan Presiden Republik Indonesia Soekarno yang dilaksanakan di Jakarta pada 9 November 1963.

Sebelumnya dalam pelaksanaan Asian Games 1962, Indonesia melarang Israel dan Taiwan mengikuti Asian Games.

Alasannya karena simpati pada Republik Rakyat China dan negara-negara Arab. Aksi Indonesia ini diprotes Komite Olimpiade Internasional ( KOI ) yang mempertanyakan legitimasi Asian Games di Jakarta. Akhirnya, Indonesia diskors untuk mengikuti Olimpiade Tokyo 1964, Soekarno marah hingga memutuskan keluar dari KOI.

Ia menuduh KOI merupakan antek imperialisme. Ia juga mengancam akan membuat event penyaing Olimpiade. Satu tahun kemudian, tepatnya pada 9 November 1963, Ganefo dilaksanakan di Jakarta. Ganefo berikutnya yang rencananya dilaksanakan di Kairo, Mesir, pada tahun 1967 dibatalkan.

Ganefo memiliki semboyan " Maju Terus Jangan Mundur ". Indonesia mengundang Republik Rakyat China dan negara-negara dunia ketiga untuk mengikuti Ganefo. Ganefo diikuti 2.200 atlet dari 48 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin dan Eropa. Walau diboikot oleh negara-negara Barat, Ganefo tetap berlangsung sukses.

Komentar